Alohaaa,
Gengs Zaman Now! Gimana nih kabar kalian, Gengs? Semoga kalian dalam keadaan
sehat walafiat, aamiin. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker,
menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer. Kembali
lagi bersama aku Zeniza Dinira Putrinda, mahasiswa jurusan Ilmu Adminstrasi
Bisnis di Institut STIAMI Kota Tangerang yang kali ini akan membahas seputar
kewirausahaan lagi. Today aku bakal membahas mengenai editorial plan. Simak pembahasannya
ya!
DEFINISI
EDITORIAL PLAN DAN MENGAPA EDITORIAL PLAN INI PENTING?
Editorial
plan merupakan alat yang digunakan untuk mengontrol seluruh jenis publikasi
konten dalam beragam media, seperti koran, majalah, blog, email marketing, dan
berbagai jenis media lainnya.
Di era
digital, di mana informasi bisa datang dalam beragam format dan sumber yang
makin beragam, perencanaan yang baik sejak awal menjadi kunci dalam memenangkan
persaingan. Editorial plan ada di titik-titik awal dari proses dan strategi
content marketing tersebut. Inilah yang membuat proses editorial plan penting.
Di editorial
plan inilah mulai diidentifikasi siapa target pembaca kita. Personifikasi
target pembaca yang tepat diperlukan supaya kita dapat mengemas informasi yang
akan disajikan dalam format yang pas. Misal, seperti apa cara bertuturnya, juga
gaya bahasa yang sebaiknya digunakan. Proses di tahap ini juga menentukan
saluran distribusi apa yang mesti dipilih sebagai prioritas untuk mencapai
target audien yang optimal.
PENERAPAN
EDITORIAL PLAN DAN CONTOHNYA
Sebelum
membuat editorial plan, buatlah OKR (Objective & Key Results) nya terlebih
dahulu. Berikut OKR nya :
Objective
: menjadikan Stay Up Skincare and Make up menjadi produk kecantikan yang dapat
menghasilkan penampilan fresh dan elegant untuk meningkatkan kepercayaan diri
bagi pemakainya.
Key
and Results :
- Menyediakan skincare dan make up yang bisa digunakan oleh wanita dan pria karena setiap jenis kelamin berhak tampil Stay Up
- Menyesuaikan skincare dan make up sesuai jenis kulit (kering, lembab, dan normal)
- Memberikan harga yang ramah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar